Membeli komputer rakitan sekarang ini menjadi pilihan yang sangat tepat, hal ini dikarenakan kebebasan dalam menentukan komponen yang dipakai sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang dianggarkan oleh para konsumen. Selain itu juga dikarenakan semakin banyaknya toko komputer yang ada. Karena banyak pilihan yang tersedia, para konsumen haruslah jeli dalam memilih komponen – komponen tersebut. Selain harus jeli dalam memilih komponen tersebut anda haruslah memperhatikan Service atau Pelayanan Purna jual dari toko tersebut. Jangan hanya karena tergiur oleh harga yang murah, sehingga konsumen akhirnya kurang puas dan kecewa dengan performa komputer dan juga servis yang berikan oleh pihak penjual.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan dalam melakukan pemilihan komponen komputer:

Processor

Langkah pertama yang anda lakukan dalam memilih komponen komputer adalah processor yang akan digunakan. AMD dan INTEL merupakan 2 dari beberapa produsen processor yang terpopuler saat ini. AMD Athlontm 64-bit dan AMD Sempron adalah dua dari beberapa produk dari AMD, sedangkan produk dari INTEL adalah Pentium Extreme Edition, Pentium D, Pentium 4 dan Intel Celeron. Jika anda bingung dengan dua pilihan processor di atas, anda dapat meminta masukan dari penjual komputer untuk menentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Motherboard

Motherboard yang anda gunakan haruslah cocok dengan processor yang anda beli. Pertama perhatikan soket processor yang didukung oleh motherboard, hal ini dikarenakan soket yang digunakan processor terbaru dari AMD dan INTEL berbeda, AMD menggunakan soket 754 dan 939 sedangkan INTEL dengan soket LGA775.

Selain soket processor yang didukung oleh Motherboard, anda juga harus memperhatikan spesifikasi Chipset motherboard tersebut (Chipset menentukan dukungan motherboard terhadap komponen – komponen pendukung seperti PCI-Express x16), RAM yang didukung oleh motherboard dan juga kapasitas RAM yang dapat ditampung, Interface dari Disk Drive yang digunakan (Seperti IDE, SATA atau SCSI) dan Dukungan Grafis.

Cek juga komponen yang terintegrasi dengan motherboard seperti kartu Video, Kartu Suara, modem, kartu jaringan dan lain sebagainya.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah merk motherboard yang akan anda pilih, untuk hal satu ini usahakan memilih merk motherboard yang sudah teruji kualitas dan juga pelayanan dari produsen motherboard tersebut (seperti masalah GARANSI).

RAM

Hampir sebagian besar PC (Personal Computer) atau Komputer mdern telah menggunakan kartu memori jenis DDR-RAM (Double Data Rate Random Access Memory), bahkan beberapa waktu yang lalu telah muncul jenis DDR-RAM terbaru yang lebih bagus kualitasnya, DDR tersebut dinamakan DDR2. Oleh karena itu sebelum membeli kartu memori sebaiknya cek terlebih dahulu jenis memori yang digunakan apakah didukung dan cocok dengan motherboardnya.

Disk Drive

Perhatikan interface yang didukung oleh motherboard yang anda beli, sesudah itu tentukan interface dari disk drive yang akan anda gunakan. Apakah anda akan menggunakan interface IDE, SATA, atau SCSI ?. Untuk kualitas dari ketiga interface diatas, SCSI adalah yang terbaik, setelah itu SATA dan selanjutnya IDE. Jika anda memilih kualitas yang terbaik, tentu saja anda harus merogoh kocek yang lumayan besar.

Casing

Dalam melakukan pemilihan Casing usahakan membeli Casing yang memiliki Saluran Udara yang baik agar komponen – komponen yang berada didalamnya tidak kepanasan yang akhirnya dapat merusak komponen tersebut. Selain itu, yang harus diperhatikan adalah Power Supply yang akan anda gunakan (umumnya Power Supply terdapat dalam satu paket dalam pembelian Casing), mulai dari jenis power supply tersebut (seperti ATX), DAYA Power Supply tersebut hingga jenis konektor dan jumlah konektor yang terdapat dalam Power Supply tersebut. Jika power supply tersebut kurang memadai untuk kebutuhan anda, sebaiknya anda mengganti dengan power supply yang lebih bagus agar kebutuhan tenaga untuk komputer dapat terpenuhi dengan baik.

Monitor

Dalam pemilihan monitor perhatikan dot pitch monitor tersebut, semakin kecil dot pitch semakin bagus monitor tersebut. Oleh karena itu jangan tertipu dengan besarnya ukuran dari monitor yang anda beli, karena ukuran bukan jaminan dari kualitas monitor tersebut.

Keyboard & Mouse

Keyboard dan Mouse ada yang menggunakan kabel sebagai penghubung dengan komputer dan juga ada yang mengunakan wireless atau tanpa kabel. Tentu saja jika mouse atau keyboard menggunakan wireless maka harganya lebih mahal dari mouse dan keyboard dengan penghubung kabel.

UPS / Stavolt

UPS dan Stavolt adalah alat untuk menstabilkan tegangan sebelum masuk ke dalam komputer, komponen tersebut sangatlah penting untuk menjaga agar komputer mendapatkan tegangan yang stabil. Yang membedakan dari kedua alat tersebut adalah UPS selain dapat menstabilkan tegangan juga dapat menyimpan tegangan sehingga jika terjadi pemadaman listrik atau lainnya maka komputer masih menyala dan anda dapat menyimpan data – data anda sebelum komputer padam sedangkan Stavolt hanya bisa menstabilkan tegangan dan tidak dapat menyimpan tegangan.Demikian tips sederhana untuk membeli komputer. Bagi anda yang belum paham (awam) betul kata-kata dalam dunia Teknologi Informasi dan Komputer di atas, saya sarankan untuk membeli buku khusus tentang arti dari kata-kata tersebut.