Komputer berperan penting dalam revolusi komunikasi. Salah satu contohnya dikenal dengan sebutan PC (personal computer) yang diciptakan untuk memudahkan suatu pekerjaan. Komputer memiliki dunia jenis perangkat, yaitu perangkat fisik/ keras (HARDWARE) dan perangkat lunak (SOFTWARE).

HARDWARE

PC terdiri dari beberapa komponen penting yang menunjanganya, yaitu :

  • Memory

Memori dalam sebuah komputer tak lain adalah sebuah sistem penyimpanan internal komputer. Di dalam dunia teknologi, jenis memori yang bersifat sangat penting dikenal dengan sebutan RAM (random access memory). Di dalamnya disimpan segala bentuk program dan data yang diperoleh dari hasil penggunaan komputer.

  • CPU (central processing unit)

CPU tak ubahnya seperti ”otak” dari sebuah komputer. CPU lah yang mengatur program – program apa saja yang dapat dipergunakan di komputer tersebut dan juga perihal kecepatan dalam memproses data.

  • Expansion Board

Beberapa komputer dirancang memiliki sebuah celah atau lubang tempat ’expansion boards’ dicocokkan. Perangkat ini berguna bagi beberapa fungsi dasar komputer seperti meningkatkan tampilan pada monitor, atau meningkatkan kinerja pengoperasian komputer.

  • Data Storage

Beberapa sistem dipergunakan untuk memasukan data, bahkan saat komputer dalam keadaan mati. Contohnya adalah ’floppy disk’ yang digunakan untuk menyimpan data yang berasal dari luar komputer (disket). Atau ’hard drives’ yang merupakan sistem yang paling dikenal dalam penyimpanan data.

  • Monitor

Monitor merupakan komponen yang memunculkan tampilan gambar atau data dari sebuah komputer. Saat ini bagian pemasaran komputer sedang berlomba lomba untuk mengembangkan kecanggihan monitor. Dari mulai ukuran monitor yang berpengaruh pada daya jangkau penglihatan atas sebuah gambar hingga peningkatan resolusi gambar.

MICROCOMPUTER

Sebelum adanya PC, industri komputer didominasi oleh ’mini computer system’. popularitas PC dianggap sebagai bagian dari jejak langkah IBM microcomputer, yaitu pada tahun 1981 dimana orang orang sudah mengenal IBM dan PC dilontarkan.

  • Portable Personal Computer

Semakin maju teknologi, semakin banyak produk komputer yang diciptakan untuk memudahkan manusia. Seperti ‘battery-operated notebook computer’ yang mudah dibawa bepergian. Produk ini dirancang dengan kualitas warna tampilan yang tinggi, modem internal, jaringan penghubung, dan CD-ROM. Perkembangan teknologi membuat produk ini semakin kecil dan ringan hingga semakin mudah dibawa bawa.

  • Human Computer Interface

Berkomunikasi dengan komputer secara langsung dilakukan melalui perangkat keras yang kita gunakan. Komponen yang paling umum digunakan berinteraksi adalah keyboard. Komponen ini digunakan untuk mengontrol dan mengoperasikan program. Keyboard dilengkapi perangkat tambahan yang dikenal dengan sebutan ’mouse’. ’Mouse’ digunakan untuk mempermudah kita memilih perintah perintah yang ditampilkan di layar monitor untuk selanjutnya dilaksanakan oleh komputer. Alat lain yang memudahkan kita untuk berinteraksi secara langsung dengan komputer adalah layar sentuh (touch screen), dengan ini, kita dapat berinteraksi secara langsung dengan monitor dengan menekan perintah perintah yang ada pada tampilan monitor. Ada pula alat yang disebut dengan ’pen metaphor’, benda tersebut berbentuk pena namun khusus digunakan pada layar monitor untuk menulis atau menggambar.

SOFTWARE

Software atau perangkat lunak adalah komponen dalam sistem pemrosesan data. Fungsinya seperti mengidentifikasi program, menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh peralatan komputer terkontrol dan lebih efisien.

  • Operating system and graphical user interfaces

Operating system (OS) merupakan bagian terpenting dalam perangkat lunak computer. Program ini diciptakan untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari sistem komputer, terutama kerja komputer yang bersifat mendasar seperti pengaturan data, tabel pengkodean, atau mengatur memori. Contohnya adalah windows, LINUX, MS-DOS. MS-DOS menjadi ukuran standar bagi sebuah PC, MS-DOS menggunakan teks sebagai sarana berinteraksi. Sedangkan Graphical user interfaces (GUI) menggunakan metaphor visual untuk berinteraksi.Window merupakan scontoh dari software. Setiap program yang sedang berjalan ditampilkan dalam ’window’ nya masing masing. ’window’ ini dapat berpindah, berubah ukuran, atau hilang tergantung perintah yang kita berikan kepada komputer.

  • Database and Spreadsheet program

Program database digunakan untuk mendaftar suatu informasi, sehingga informasi yang ada disimpan dan diatur sedemikian rupa di dalam komputer. Melalui adanya program ini, komputer dapat mengolah data dalam bentuk file secara rapi, cepat dalam hal penempatan dan manipulasi. Dengan ini, seseorang dapat mencari tahu informasi secara mendetail tentang sesuatu yang telah disimpan di dalam sebuah komputer. Lain halnya dengan program spreadsheet, program ini cocok dengan bidang finansial. Data akan dimasukan dengan format berupa tabel, kolom, dan baris. Fungsinya hampir seperti fungsi matematika. Program ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti diagram batang, diagram garis, dsb. Contohnya adalah Microsoft Excel.

  • Word processing program

Fungsi dasarnya adalah pembuatan dokumen, yaitu mengetik surat, berita, atau cerita. Intinya adalah seperti mesin ketik elektronik yang canggih.

  • Web browsers

Ketika kita menggunakan fasilitas internet, kita akan berinteraksi secara universal dengan web browser. Program ini dapat dugunakan untuk mengedit halaman untuk internet.

  • Programming languages

Program pengaplikasian diciptakan melalui bahasa pemrograman. Program ini menerjemahkan satu set instruksi untuk melakukan sebuah operasi sehingga dapat dimengerti oleh komputer. Bahasa yang umum meliputi Visual Basic , pascal, and Java.

  • Graphic Program

Program ini digunakan untuk membuat gambar. Dengan program ini, seseorangdapat mengedit gambar yang sudah jadi atau, membuat gambar. Pengaturan warna yang lebih tajam, lebih kontras, hingga gambar yang dapat bergerak dapat dibuat dengan menggunakan program ini. Beberapa contoh graphic program adalah :

    1. paint programs.
    2. image editing program
    3. drawing program
    4. computer aided design program
    5. animation and 3-D program
    6. presentation progeram
    7. visualization program
    8. implications

PRINTER AND LOCAL AREA NETWORK

  • Printer

Printer memproduksi informasi yang telah diproses di dalam komputer menjadi nyata, biasanya data yang telah diolah di komputer dicetak menggunakan printer. Ada 4 macam printer :

    1. laser printer, printer jenis ini mencetak dokumen dengan kualitas yang hampir mendekati dokumen yang telah diolah di computer.
    2. ink-jet printer, dibandingkan denagn laser printer, biaya printer jenis ini lebih efisien.
    3. dot-matrix printer, printer ini menjadi jenis yang paling disukai pada era PC. Pada printer jenis ini, gambar dihasilkan melalui kumpulan titik tik yang tersebar dengan jarak dekat sehingga terlihat merata.
    4. plotter, printer ini menggunakan satu set pulpen untuk membuat cetakan yang berhubungan dengan dania teknik atau arsitektur.

  • Local Area network

Pada intinya Local ara network (LAN) merupakan sistem informasi dan komunikasi yang menghubungkan suatu PC dengan PC lainnya untuk bertukar informasi atau data. Biasanya LAN digunakan untuk membuat ikatan atas suatu grup perkantoran. Teknologi komputer mendesak pengaruh yang besar di bidang komunikasi. Semakin hari komputer semakin canggih diciptakan meskipun hal tersebut seiring dengan bertambahnya virus – virus baru yang dapat merusak sistem pengoperasian komputer.